Mikrotik dengan 2 line speedy seringkali
membingungkan..karena ada banyak pilihan yang bisa kita implementasikan.
Namun set yang disesuaikan dengan
kondisi warnet dan perlakuan user terhadap internet itu sendiri mungkin harus
jadi pertimbangan utama…
Saya
terbiasa membagi 2 line speedy tersebut menjadi :
1
Line Speedy untuk Game Online (1 Mbps Lebih dari cukup untuk melayani s/d 20
User)
1
Line Speedy Browsing Web (2 Mbps Cukup untuk melayani s/d 20 user)
Alasannya
klasik..koneksi game biasanya kecil namun konstan,, sedangkan koneksi web
kebanyakan besar dan variatif dan jumlah jalur koneksi (port) yang dipakai jauh
lebih banyak dibandingkan game.Bila Dua2nya di gabung == game lag,, bila
dua2nya dipisahkan==everybody happy ^^.
kebanyakan
setting yang saya pakai merupakan hasil modifikasi dari manual mikrotik..
[ebo@TJ-NET] /interface> print
Flags: D – dynamic, X – disabled, R –
running, S – slave
#
NAME
TYPE MTU L2MTU
0
eth1
ether 1500 1526
1
R eth4-WEB ether 1500 1522
2
R eth2.LAN ether 1500 1522
3
R eth3-GAME ether 1500 1522
4
ether-5
ether 1500 1522
Setting
Interface :
eth3
== Speedy 1 untuk GAME
eth4
== Speedy 2 untuk WEB BROWSING
eth2
== Lokal LAN
[ebo@TJ-NET] /ip firewall nat> pr
Flags: X – disabled, I – invalid, D –
dynamic
0
chain=srcnat action=masquerade src-address=192.168.0.0/16
Gak
ada Masquerede, gak da yang bisa konek internet hehe,, tapi saya tidak memasang
out-interface=public, karena seringkali bertabrakan dengan mangle yang saya
buat,,dan tidak semua mangle tercover di queue nya…
[ebo@TJ-NET] /ip firewall mangle> pr
Flags: X – disabled, I – invalid, D – dynamic
0
;;; UP (Facebook/GAME)
chain=prerouting action=mark-packet
new-packet-mark=up-game
passthrough=no src-address=192.168.0.0/16
dst-address-list=GAME
in-interface=eth2.LAN
1
;;; UP-PAKET
chain=prerouting action=mark-packet
new-packet-mark=up-web
passthrough=no src-address=192.168.0.0/16
dst-address-list=!GAME
in-interface=eth2.LAN packet-mark=!up-game
2
;;; DOWN-CONN/M (GAME)
chain=forward action=mark-connection
new-connection-mark=Down-Game-Conn
passthrough=yes src-address=192.168.0.0/16
dst-address-list=GAME
3
;;; Direct-Down (GAME)
chain=forward action=mark-packet
new-packet-mark=down-game
passthrough=no
connection-mark=Down-Game-Conn
4
;;; DOWN-CONN/M
chain=forward action=mark-connection
new-connection-mark=Down-Conn
passthrough=yes src-address=192.168.0.0/16
dst-address-list=!GAME
packet-mark=!down-game
connection-mark=!Down-Game-Conn
5
;;; Direct-Down
chain=forward action=mark-packet
new-packet-mark=down-web
passthrough=no connection-mark=Down-Conn
Mangle
nya terbagi 2 dan 2,, 2 Up untuk 2 address list/tujuan yang berbeda,, dan 2
Down untuk 2 address list/tujuan yang berbeda juga.
Pada
address-list kita masukkan daftar ip game yang nantinya akan kita routing ke
modem 1 game.
[ebo@TJ-NET] /ip firewall address-list>
pr
Flags: X – disabled, D – dynamic
#
LIST
ADDRESS
0
;;; RAGANAROK
GAME
202.43.0.0/16
1
;;; POINT BLANK
GAME
203.89.0.0/16
2
;;; RF
GAME
202.93.0.0/16
3
;;; AYODANCE
GAME 122.102.0.0/16
4
GAME
74.114.0.0/16
5
GAME
74.201.0.0/16
6
GAME 203.130.209.242
7
GAME
8.8.8.8
Sebagian
IP DNS juga saya masukkan ke address-list untuk Game,, ini buat jaga2
seandainya modem WEB mati maka request DNS bisa di alihkan ke Modem Game.
Pada
Queue saya gunakan sistem tree dengan type pcq :
[ebo@TJ-NET] /queue tree> pr
Flags: X – disabled, I – invalid
0
name=”Web-Down” parent=eth2.LAN packet-mark=down-web limit-at=64k
queue=pcq-down priority=8 max-limit=1800k
burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
1
name=”Web-Up” parent=global-in packet-mark=up-web limit-at=8k
queue=pcq-up
priority=8 max-limit=512k burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
2
name=”Game-Down” parent=eth2.LAN packet-mark=down-game limit-at=64k
queue=game-down-pcq priority=8
max-limit=900k burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
3
name=”Game-Up” parent=global-in packet-mark=up-game limit-at=8k
queue=game-up-pcq priority=8 max-limit=256k
burst-limit=0
burst-threshold=0 burst-time=0s
Untuk
memberikan boosting buat paket2 game, saya berikan priority 1, max limit
sengaja saya turunkan dari jatah speedy karena koneksi real tentu saja tidak
pernah 100% mencapai jatah yang diberikan oleh speedy.
[ebo@TJ-NET] /queue type> print
0 name=”default” kind=pfifo pfifo-limit=100
5 name=”pcq-up” kind=pcq pcq-rate=0
pcq-limit=50 pcq-classifier=src-address
pcq-total-limit=2000
6 name=”game-up-pcq” kind=pcq pcq-rate=0
pcq-limit=50
pcq-classifier=src-address
pcq-total-limit=2000
7 name=”game-down-pcq” kind=pcq pcq-rate=0
pcq-limit=50
pcq-classifier=dst-address
pcq-total-limit=2000
8 name=”pcq-down” kind=pcq pcq-rate=0
pcq-limit=50 pcq-classifier=dst-address
pcq-total-limit=2000
9 name=”eth1″ kind=pfifo pfifo-limit=200
10 name=”eth2″ kind=pfifo pfifo-limit=200
11
name=”eth3″ kind=pfifo pfifo-limit=200
12 name=”eth4″ kind=pfifo pfifo-limit=200
13 name=”eth5″ kind=pfifo pfifo-limit=200
queue
type default tidak saya pakai dan sengaja saya hapus dari postingan,, queue
type dengan nama ethx (1-5) saya set untuk interface queue dan terlihat seperti
ini :
[ebo@TJ-NET] /queue interface> print
Flags: D – dynamic
#
INTERFACE
QUEUE
0
eth1
eth1
1
eth4-WEB eth4
2
eth2.LAN eth2
3
eth3-GAME eth3
4
ether-5
eth5
Sekarang
kita set routingnya.. biar bisa terpisah antara game dengan web. kita berikan
default route untuk ip2 tertentu dengan menggunakan distance sebagai pemisah
jalur. Menurut saia lebih mudah dibanding menggunakan pemisah berdasarkan
routing mark yang kadang2 malah gak jalan sama sekali (salah set ??).
[ebo@TJ-NET] /ip route> print
Flags: X – disabled, A – active, D –
dynamic, C – connect, S – static, r – rip, b – bgp, o – ospf, m – mme,
B – blackhole, U – unreachable, P –
prohibit
# DST-ADDRESS PREF-SRC GATEWAY-STATE GATEWAY DISTANCE INTERFACE
0 A S
0.0.0.0/0
reachable
192.168.254.1
10 eth4-WEB
1 A S
;;; Poker
74.114.0.0/16 reachable 192.168.253.1
1 eth3-GAME
2 A S
;;; Poker
74.201.0.0/16 reachable 192.168.253.1
1 eth3-GAME
3 A S
;;; Ayodance
122.102.0.0/16 reachable 192.168.253.1 1 eth3-GAME
4 ADC
192.168.0.0/24
192.168.0.1
0 eth2.LAN
22 ADC
192.168.253.0/24 192.168.253.2
0 eth3-GAME
23 ADC
192.168.254.0/24
192.168.254.2
0 eth4-WEB
24 A S
;;; Ragnarok
202.43.0.0/16 reachable 192.168.253.1
1 eth3-GAME
25 A S
;;; RF/LYTO
202.93.0.0/16 reachable 192.168.253.1
1 eth3-GAME
26 A S
;;; Point Blank
203.89.0.0/16 reachable 192.168.253.1
2 eth3-GAME
27 A S
;;; Point Blank Update
203.89.146.99/32 reachable 192.168.254.1
1 eth4-WEB
28 A S
;;; DNS
203.130.196.5/32 reachable 192.168.253.1
1 eth3-GAME
Demikian
Set Mikrotik menggunakan 2 line speedy mengunakan system pcq-queue dan pemisah
antara jalur koneksi web dan game menggunakan route distance.
sumber : http://1h2j.gaptekupdate.com/mikrotik-untuk-2-line-speedy-pendekatan-yang-berbeda/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar