Sabtu, 10 November 2012

Alternatif lain untuk memisah bandwidth game dan browsing dengan router mikrotik; metode Nat Port Routing.

Alternatif lain untuk memisah bandwidth game dan browsing dengan router mikrotik; metode Nat Port Routing.
Beberapa waktu yang lalu ada rekan yang minta di setup mikrotik dengan dua buah ip publik; ip IIX/nice (openIX/iix=inter indonesian exchange)  dan ip IX ( ix=international exchange) , Router yang di gunakan 2 ethernet. ether1=wan dan ether2=lan.


  • ip openIX/ IIX = 202.169.228.114 GW=202.169.228.113
  • ip browsing =202.169.239.98  GW =202.169.239.97
  • ip lan = 192.168.1.0/24
  • default gateway cukup di arahkan ke 202.169.239.97

awalnya untuk kasus seperti sudah banyak di bahas di internet atau blog dan tinggal copas, tapi rekan saya kurang puas dengan setinggan yang ada di internet.
1 PC router/routerboard,  dengan 2 IP(atau bisa jadi 2 ISP juga bisa) dengan memakai router Mikrotik.
Kali ini saya ingin mencoba sistem yang saya buat, Mikrotik Nat Port Routing untuk memisahkan koneksi game dan browsing/patch 2 isp/ip.  jadi untuk game di lewatkan ke IIX/nice  dan jalur browsing/patching game ke ip IX. default route kita arahkan cukup ke ip IX saja.
STEP BY STEP NAT PORT ROUTING;
  • pastikan address ip nice di load dulu, import nice ke address list. bisa di lihat disini /(http://www.mikrotik.co.id/artikel_lihat.php?id=23) ;

  • Port 80= port untuk browsing/patching game/login game di nat ke ip IX. Pastikan rule ini ada di paling atas di firewal nat.

  • All ip nice/ip game ALL port kita nat ke ip IIX/openIX.

  • dan jangan lupa di paling bawah; NAT all ip + port ke ip IX; supaya client anda bisa main game aplikasi di FB dan lain-lainnya.

kita lihat hasilnya di torch
all port browsing + patching + login nat ke IX

all port, kecuali port 80 di arahkan ke NICE
Dengan cara seperti ini. jika client browsing,streaming youtube, download, tidak akan membuat lagg koneksi game. dengan bantuan squid tproxy Bridging dari lusca akan sangat membantu untuk menghemat dan mempercepat browsing dan patching.
PS: gamenet diatas memakai 1 isp dengan 2 ip, bisa juga dengan 2 isp dengan 2 ip atau juga bisa lebih. jika 2 isp beda media lastmile(wireless +dan cable) kita bisa memakai router mikrotik 3 ethernet dengan memanfaatkan bridging ethernet WAN.
sumber : http://yudhiza.wordpress.com/2012/02/11/alternatif-lain-untuk-memisah-bandwidth-game-dan-browsing-dengan-router-mikrotik-metode-nat-port-routing/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar