Sabtu, 10 November 2012

Speedy pisah jalur antara game dan browsing

Speedy pisah jalur antara game dan browsing mungkin memberikan solusi yang berbeda dengan loadbalance. Biasanya kalau kita memiliki 2 atau lebih jalur internet yang pada umumnya menggunakan isp speedy kita akan jadikan loadbalace dengan harapan speed yang didapat bertambah besar.
Biasanya kita hitung besarnya speed untuk loadbalance adalah 1 + 1 = 2 tapi sebenarnya dalam loadbalance itu 1+1 = 1 + 1 yang bisa di pake bersama sama seolah olah menjadi satu kesatuan maka biasa di katakan 1+1 = 2 tersebut.
Untuk sebuah warnet yang cukup besar biasanya diatas 10 unit pc, kadang kadang memiliki lebih dari satu koneksi ke isp entah itu speedy + speedy atau speedy + isp local, speedy + fastnet dan lain sebagainya.
Bagi warnet yang memiliki koneksi lebih dari satu memang memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan hanya menggunakan satu koneksi ke isp, anggap saja kita menggunakan 2 koneksi ke speedy. biasanya kita jadikan loadbalace tapi kadang timbul masalah yaitu latency ping atau latency game jadi naik turun maka tak heran kalo kadang sering terjadi lagg.
Solusi untuk model seperti ini mungkin bisa gunakan model  pisah jalur antara browsing dan game, tapi menggunakan satu router. Dulu ada beberapa warnet yang memiliki koneksi 2 isp mereka pisah dengan cara memisahkan gateway di pc warnetnya, sehingga kalau kita mau main game kita gunakan pc tertentu begitu sebaliknya.
Dengan adanya router yang murah seperti mikrotik hal seperti itu bisa dibuat tanpa harus gonta ganti atau spesialisasi pc antara game dan browsing, jadi tiap tiap pc client bebas mau browsing atau main game secara bersamaan namun koneksi ke ispnya bisa di pisah secara otomatis.
misal pc A saat bersamaan buka situs facebook, dan youtube disisi lain dia memainkan point blank dan juga update point blank tersebut. maka koneksi pc A ada browsing ada juga game. kalau menggunakan satu jalur yang sama bisa saja point blank jadi lagg atau ping latencynya jelek.  karena saat bersamaan pc A ke game dan juga brosing (facebook, youtube dan path game)
untuk mengakalinya dibuatlah jalur yang terpisah secara otomatis, jadi saat bersamaan pc A akan konek ke jalur game dan juga jalur browsing. dengan pemisahan seperti ini maka koneksi game relatif lebih stabil dan jalur browsing tetap pada kegiatannya yang naik turun pingnya karena trafik browsing lebih rakus ketimbang trafik game.
Koneksi game biasanya tidak memerlukan speed yang tinggi tapi harus stabil tidak boleh naik turun secara drastis, sedangkan koneksi browsing biasanya gak begitu bermasalah dengan speed yang naik turun. Jika koneksi game naik turun secara drastis maka biasa yang kita rasakan adalah lagg.
lihat perbedaan antara jalur game dan jalur browsing dibawah ini

hasil ping nya terlihat antara jalur speedy1 dan speedy2 berbeda latency ping nya padahal tujuan nya sama dan dari sumber yang sama.
kondisi diatas adalah 18 pc client + mikrotik + proxy + speedy1 2 mbps dan speedy2 1 mbps

Tidak ada komentar:

Posting Komentar